Pengertian Migrain

Migrain (Yun. hemicrania = nyeri sebelah kepala; hemi = setengah, cranium = tengkorak) adalah penyakit yang bercirikan serangan nyeri hebat dari satu sisi kepala (unilateral) yang datang secara berkala, disertai gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah. Serangan dapat terjadi beberapa kali setahun sampai beberapa kali seminggu, sedangkan lama serangan umumnya 1-2 jam, yang bisa disusul oleh sakit kepala tersebar selama beberapa hari. Sakit kepala kronis ini merupakan suatu masalah sosial ekonomis besar yang mempengaruhi kebahagiaan hidup dan mengakibatkan kehilangan ratusan ribu hari kerja setahunnya.

Jenis nyeri kepala lainnya

Sindroma sakit kepala yang sejak berabad-abad menjadi keluhan banyak orang, tidak semuanya sama. Disamping migraine yang diakibatkan oleh pembuluh darah yang secara bergiliran berkontraksi dan berelaksasi, masih dikenal dua bentuk sakit kepala yang agak sering terjadi

1.  Sakit kepala tegang (tension headache)

yang paling mudah diobati dan disebabkan oleh otot-otot yang menegang dibagian kepala dan tengkuk. Kerapkali sakit kepala ini disebabkan oleh stress dalam berbagai bentuk, seperti kerja dibawah tekanan dan hubungan buruk dirumah atau di pekerjaan. Jenis sakit kepala ini dapat muncul selama masa dengan penuh kekawatiran dan perasaan murung.

Gejalanya berupa sakit terus-menerus disebagian atau seluruh bagian kepala dan ada kalanya dirasakan seperti bando yang diikat ketat disekitar kepala, tetapi tanpa denyutan seperti pada migrain. Nyeri kerapkali sudah terasa bila kulit kepala disentuh, yang dapat bertahan berbulan-bulan.

Penanganan dapat dilakukan secara efektif dengan cara masase kulit kepala dan latihan-latihan tertentu guna menghilangkan ketegangan otot. bila stress merupakan penyebab terjadinya sakit kepala, ‘terapi wicara’ dengan petunjuk bagaimana menanggulangi dan menghadapi ketegangan, sering kali ampuh (stress management). Pengobatan dengan analgetika hanya efektif untuk sementara.

2. Sakit kepala cluster (cluster headache)

terhitung sakit kepala vaskuler pula (seperti migrain), yang disebabkan oleh pembuluh darah yang hiperreaktif (Inggris, cluster = kelompok). Meskipun gejalanya mirip, malah bersifat lebih parah, namun tidak termasuk penyakit migrain. Gejala berupa sakit sebelah kepala yang sangat hebat yang berpusat di sekitar mata, disertai keluarnya air mata dan hidung mampat, juga muntah. Ciri khas jenis sakit kepala ini adalah serangannya timbul dalam siklus-siklus tertentu, kadang-kadang 2-3 gelombang seharinya, terutama pada tengah malam. Lamanya serangan beberapa jam. Masa bebas serangan sampai 1 tahun. Gangguan ini lebih sering menghinggapi kaum pria (antara usia 30-50 tahun) daripada wanita.

pengobatan dilakukan dengan sumatriptan subkutan, sedangkan efek ergotamine lemah atau tidak menentu. Untuk memutuskan siklus, dapat digunakan metisergida, pizotifen atau antidepresivum litiumkarbonat sebagai profilaksis atau obat interval.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s